Kamis, 17 Januari 2019, WIB
Rabu, 14 Nov 2018, 23:55:36 WIB, 34 View Sri Rahmawati, Kategori : berita

DPRD kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) telah mulai merancang sejumlah ranperda yang akan diusulkan pada tahun anggaran 2019 mendatang, dari pembahasan secara internal gabungan komisi, disimpulkan bahwa DPRD Bukittinggi akan mengusulkan 12 ranperda untuk dimasukkan ke dalam Propemperda tahun 2019.

Ketua Bapemperda DPRD Bukittinggi, Ibnu Asis, Kamis (4/10/2018) menjelaskan kesepakatan tersebut merupakan hasil rapat gabungan komisi dengan agenda persiapan penyusunan Program Pembentukan Perda (Propemperda) kota Bukittinggi tahun 2019 di lingkungan internal DPRD. 

Dimana dalam rangka penyusunan Propemperda tahun anggaran 2019, sesuai konstitusi, DPRD perlu terlebih dahulu menyiapkan usulan ranperda di lingkungan internal untuk dimasukkan ke dalam Propemperda tahun depan.

"Usulan ranperda dimaksud, dapat berasal dari anggota DPRD, fraksi maupun alat kelangkapan DPRD yang disampaikan dalam rapat gabungan komisi. Alhamdulillah, dari hasil rapat gabungan komisi itu, telah disepakati bahwa secara internal DPRD akan mengusulkan 12 ranperda untuk dimasukkan ke dalam Propemperda tahun 2019, "jelasnya. 

Lebih lanjut ia menerangkan 12 ranperda tersebut terbagi ke dalam 4 katagori, pertama, ranperda baru yang sedang disiapkan Naskah Akademiknya (NA) bekerjasama dengan Kantor Wilayah Hukum dan HAM Sumatera Barat seperti ranperda tentang Disabilitas, kepemudaan, Pengelolaan Dana CSR dan ranperda Pengelolaan Dana Bergulir. Kedua, Ranperda baru yang harus disiapkan kajian NA-nya, seperti ranperda tentang Pengelolaan Moda Transportasi Umum dan ranperda Ketahanan Keluarga.

Ketiga, ranperda perubahan seperti ranperda Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Pengelolaan Perparkiran, Pajak dan Tempat Reklame dan ranperda Hak Protokoler Pimpinan dan Anggota DPRD. Keempat, rancangan peraturan DPRD tentang Kode Etik dan tentang Tata Beracara Badan Kehormatan DPRD.

Selanjutnya, 12 usulan ranperda di lingkungan DPRD tersebut akan dikomunikasikan,  dikordinasikan dan diintegrasikan dalam rapat kerja penyusunan Propemperda tahun 2019  bersama Pemerintah Daerah (Bagian Hukum-red). Karena, secara kontitusional Pemerintah Daerah secara umum juga memiliki kewenangan untuk terlebih dahulu menyiapkan usulan ranperda yang berasal dari masing-masing Perangkat Daerah pemrakarsa.

"Maka, hasil koordinasi dan integrasi usulan ranperda dari lingkungan DPRD dan Pemerintah Daerah inilah yang nantinya disepakati bersama menjadi Propemperda Bukittinggi tahun 2019. Kami berharap di tahun pesta demokrasi ini, DPRD bersama Pemerintah Daerah dapat memilah dan memilih ranperda yang benar-benar tumbuh dari aspirasi masyarakat serta mengayomi kemaslahtan warga kota. Sehingga perda yang dihasilkan betul-betul berkualitas, bermanfaat dan dapat dilaksanakan dengan baik," terangnya.

Sumber : https://covesia.com/archipelago/baca/61178/dprd-kota-bukittinggi-rancang-12-usulan-propemperda-2019



Harmonisasi Peraturan Daerah Dengan Peraturan Perundang-undangan Lainnya
Kamis, 15 Nov 2018, 10:34:00 WIB, Dibaca : 59 Kali
Butuh Komitmen Pimpinan Dalam Penegakan Hukuman Disiplin Pegawai
Kamis, 15 Nov 2018, 00:12:58 WIB, Dibaca : 36 Kali
DPRD Kota Bukittinggi Rancang 12 Usulan Propemperda 2019
Rabu, 14 Nov 2018, 23:55:36 WIB, Dibaca : 34 Kali

Tuliskan Komentar